Senin, 23 Maret 2009

Kue Ku Hitam Manis

Nama sebenernya sih Kue Ku Ketan Hitam... sumbernya dari Majalah Khusus Pemulanya Sedap. Di resep aslinya, isinya bukan kacang hijau tapi unti, jadi kaya kue bugis, gitu... Tapi berhubung dari awal emang niat bikin kue ku isi kacang hijau, ya terpaksa yang dipake resep kulitnya doang... Bikin snack ini dalam rangka memenuhi tantangan KBM#4 setalh bulan lalu saya absen karena gak sempet bikin, tau-tau waktunya sudah lewat... hehehe, kebiasaan nih, ngerjain sesuatu pasti last minute...

Yang pengen tau resepnya, silahkan lho... ini saya copy paste dari Majalah Khusus Pemula (edisinya lupa.. maaphkeun ya...)

Kue Ku Ketan Hitam
By Majalah Khusus Pemula (modified by me)

Bahan Kulit:
150 gram tepung ketan putih
100 gram tepung ketan hitam
100 gram kentang kukus haluskan (saya: 50 gram tepung kentang yang sudah dituangi air sampe teksturnya mirip dengan kentang kukus halus)
30 gram gula halus
1/4 sdt garam
150 ml santan, hangatkan (saya: gak ngitung berapa volumenya, tapi yang pasti lebih dari 150ml)

Bahan Isi: (versi saya, kalo di Sedap isinya unti)
250 gram kacang hijau kupas, rendam 2 jam
200 gram gula pasir
200ml santan kental
2 lembar daun pandan
1/4 sdt garam

Cara Membuat:
Kulit: Campur semua bahan kering, tuangi santan sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dipulung.. sisihkan
Isi: Kukus kacang hijau kupas sampe lembut (saya: 1/2 jam), panas-panas, haluskan
Tuangi santan dan gula pasir serta garam.
Rebus dengan api kecil, sambil diaduk-aduk sampe kering. Angkat.. bikin bulatan-bulatan utnuk memudahkan pengisian
Ambil adonan kulit, pipihkan, masukkan adonan isi, bulatkan, cetak dengan cetakan kue ku yang sudah ditabur dengan tepung ketan..
Kukus dengan masing-masing dialas daun pisang. Selama mengukus, tutup kukusan harus sering dibuka. Kukus selama 20 menit
Keluarkan dari kukusan, olesin dengan minyak sayur agar mengkilat.

Tidak ada komentar: