Rabu, 11 Maret 2009

Fruit Pie

It was my first time to make this dessert... udah lama beli kulit pie beku di puspita, nongkrong di freezer aja terus... nah, kapan itu tiba-tiba pengen bikin pie buah, yang asem seger gitu... tinggal bikin vlanya aja sebenernya.. tapi karena penasaran, nyobain bikin kulitnya juga, pake resepnya NCC, tapi entah kenapa, malem itu hasil kulitnya tidak begitu menggembirakan alias terasa krenyes-krenyes... kayanya ada yang salah deh pas bikinnya... Kalo yang kulit beli jadi sih enak... Nah, kan besoknya itu pie buah saya bawa ke kantor, yang pake kulit beli lah... yang bikin sendiri gak ditayangkan, gak tega... hehehe... Dan apa yang terjadi??? Ternyata pie gratisan saya berbuntut panjang.. alias ada temen yang mesen minta dibuatin 50 pcs ukuran mini. Alamakkk.... mau nolak, katanya pamali, mau bilang iya, sebenernya gak yakin juga (gila aja, percobaan pertama aja gagal, ini malah mau terima pesenan...jangan-jangan lagi ngigau nih... hehehe).. tapi yang keluar sih sok yakin ajah, bisa deh... (dalem hati sih deg-degan abis... hihihi rasainnn....). Cerita tentang fruitpie pesenan temen ntar diposting sendiri aja ya.. yang ini mah khusus cerita fruitpie yang gagal dulu... hehehe... resep kulit dan vla totally pake NCC punya.. Ini dia resepnya...

FRUIT PIE NCC

Bahan kulit Pie:
250 gr tepung terigu serba guna
1/2 sdt garam
125 gr mentega
5 sdm air es

Bahan Vla :
500 cc susu
100 gr gula kaster
5 btr kuning telur
30 gr tepung maizena
1 sdm mentega
1 sdt vanilli extract

Bahan Topping :
Aneka buah, spt strawberi segar iris tipis, kiwi, anggur hijau, anggur merah, jeruk mandarin kaleng, atau buah lain spt semangka, melon yg dibentuk bulat, dan lain-lain.

Bahan Siraman:
1 sdt agar-agar putih100 cc air
1 sdt gula(didihkan ketiga bahan ini, sisihkan)

Cara membuat :
Uleni bahan kulit hingga menjadi adonan liat, gilas tipis, cetak pada cetakan pie kecil, tusuk-tusuk bagian bawahnya dengan garpu agar pie tidak menggelembung, oven hingga matang. Lebih kurang 20 menit.

Vla :
Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, campur kuning telur, aduk rata, sisihkan.
Rebus susu dan gula hingga mendidih, masukkan campuran maizena dan kuning telur, aduk cepat, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat. Sisihkan.

Penyelesaian:
Isi mangkuk pie dengan vla, hias dengan potongan buah, siram 1 sdt agar-agar bening


Tidak ada komentar: