Jumat, 27 Maret 2009

Fettucini Saus Carbonara

Kemaren, libur sehari, saatnya masuk ke dapur... hehehe... pagi-pagi udah kepikir pengen sarapan apa ya... Dan makanan yang gak bakalan ditolak adalah... pasta!!! Yup.. we are the pasta lover... Awalnya kepikir bikin makaroni skotel aja.. atauuu.. lasagna.. (hihi.. niat banget, sarapannya lasagna...). Tapi di kulkas gak punya daging giling, udah gitu bikin lasagna itu kan banyak tahapannya.. udah males duluan. Makaroni skotel sih sebenernya oke juga, bahan ada, cuma ngovennya agak lama.. bisa-bisa para penggemar keburu gak sabaran... Akhirnya buka-buka buku kumpulan olahan pasta terbitan Saji, siapa tau ada ide lain.. eh, ngeliat resep ini nih.. bahan ada, trus bikinnya cepet... oke dehh... langsung meluncur ke dapur.. rebus fetuccini, sambil nyiapin daging asap (saya daging burger jadi), bawang bombay dan kawan-kawan. Daaannnn... 30 minutes later... Traraaa.... 3 porsi fettucini carbonara siap untuk disantap... Kata Ayah... seret.. sausnya kekentelan... Oke deh.. itu bisa diatur, boss... susunya dibanyakin aja.. ntar kan gak seret lagi... Kalo kata Nisa lain lagi... uenak bangettt bu... Hehehe... ini nih yang bikin seneng... Kalo kata yang bikin sih.... enak, tapi kalo kebanyakan eneg juga.. secara isinya telur sama susu, bow.... apalagi ditambah keju... bayangin sendiri aja ya gimana rasanya... yang jelas satu lagi varian pasta hadir di dapur bundanisa...

Resepnya ini nih... simak baik-baik yaa.. hehehe...

FETTUCINI SAUS CARBONARA
sumber: kumpulan resep olahan pasta SAJI

Bahan:
200 gram fettucini, rebus aldente (saya: kurleb 150 gram sajah..)
300ml susu UHT plain (saya: gak ngukur, tapi kayanya lebih deh...)
3 lembar daging asap, potong panjang (saya: daging burger jadi)
2 siung bawang putih, cincang
1/4 buah bawang bombay, cincang (ini tambahan saya, di resep aslinya gak pake)
1/2 sdt lada bubuk
garam
25 gram keju parut
1 kuning telur (saya : 2 kuning telur --> kayanya ini yang bikin sausnya kekentelan)
1 sdm margarin
25 gram keju parut buat taburan

Cara Membuat:
Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay
Masukkan daging asap, tambahkan garam dan lada
Masukkan susu, masak hingga mendidih (dengan api kecil aja)
Masukkan kuning telur yang telah dikocok rata (saya: kuning telur dikocok rata, tuangi susu, masukkan kembali ke adonan susu), aduk sampai mengental
Masukkan keju parut
Masukkan fettucini, aduk-aduk sampai tercampur rata
Matikan api, sajikan dengan taburan keju parut.

Beneran deh... berasa jadi bule... hehehe...

4 komentar:

zhou2 mengatakan...

waaaaaaaaaa...
hx bgt ya bwat resep na!!!!!!!!

mei mengatakan...

Wah...seep nih...thx resepnya...kebetulan lagi nyari resep saus carbonara yang mudah n enak, ntar dicoba ah :)

Anonim mengatakan...

wah makasi yaa resepnya. enak nih. kemarin udah coba lalu berhasil :)

Anonim mengatakan...

Udah 4 x coba masakin istri saya pakai reswp ini. Tetap OK. Yang ke 4, anak saya yang bilang enak. Trims sharingnya.