Rabu, 29 April 2009

Cap Cay Goreng Jawa

Satu lagi makanan dari kampung... Isinya komplit, ada karbohidrat, sayuran dan protein.. disantap gitu aja, gak perlu pake nasi juga kenyang kok... Cap cay ini beda dengan capcay ala chinesefood yang kuahnya klombyaran alias semangkuk sementara isinya berenang-renang.. hehehe... namanya capcay di kampung saya tuh pasti pake "terigu goreng" kaya gini... mungkin pura-puranya kekian kali ya.. tapi ini versi ekonomisnya... Penampakan si capcay goreng ini beneran kering, tanpa kuah sama sekali... ada juga sih yang dikuahin, namanya jadi capcay godog alias capcay rebus... tapi yang baru mampir ke dapur saya yang versi gorengnya.

Langsung aja deh, ini resepnya:

Bahan bakwan:
1 gelas terigu
1 siung bawang putih, haluskan
1/4 sdt lada
1/2 sdt garam
1 butir telur
air secukupnya, untuk mengencerkan terigu sampe sepeti adonan bakwan
minyak untuk menggoreng

Bahan sayuran:
4 pasang ati ampela, rebus, potong-potong
2 buah wortel, kupas, potong serong
2 batang sawi hijau, potong-potong
kembang kol, potong menurut kuntum
beberapa lembar kol, iris jangan terlalu tipis
1 batang daun bawang
1 butir tellur
3 siung bawnag putih
1 sdt garam
1/2 sdt merica
1/2 sdt gula pasir
50 ml air
1 sdm margarin

Cara Membuat:
Campur semua bahan bakwan, goreng dalam minyak sampai matang, potong-potong, sisihkan
Panaskan margarin, tumis bawang putih sampai harum, masukkan telur, aduk-aduk sampai telur bergumpal kecil-kecil
Masukkan ati ampela, tuangi air, masukkan garam, gula dan lada
Masukkan wortel, biarkan sampai agak empuk
Masukkan kol, sawi dan kembang kol, aduk rata
Masukkan daun bawang, aduk-aduk
Matikan api, angkat, sajikan dengan cabe rawit dan acar timun..
Happy Cooking...!!!!!

2 komentar:

foodbin mengatakan...

a truly healthy dish.

Begoña mengatakan...

Hello!!! I don't understand your language, but i like your receipes too much.
Un saludo, Begoña