Senin, 13 April 2009

Brambang Asem

Postingan kali ini spesial untuk memeriahkan even "Indonesian Food Week" ya NCC. Akhirnya kesampaian juga ikutan memeriahkan acaranya NCC setelah beberapa kali selalu ketinggalan... hehehe... N lucky me, even yang sekarang ini temanya makanan tradisional.. pas banget dengan lidah kampung kami.. yang suka dengan masakan yang berbau-bau kampung halaman. Dan ini adalah salah satunya.. makanan murah meriah yang kalo di Solo, dijual di warung-warung kecil pinggir jalan atau dijajakan oleh mbok-mbok gendong keliling kampung. Dulu waktu masih di Solo, makan barambang asem ini pake pincuk daun pisang.. kalo gak salah sebungkusnya cuma 250 perak, udah lengkap sama tempe gembus bacem plus karak... ehhhmmmm.... taun berapa ya??? Mungkin akhir taun 80an kali ya... hohohoho.... pantesan 250 perak... Kalo sekarang sih mungkin 1000 atau 1500 kali.. udah lama gak beli yang beginian di Solo.. mending bikin sendiri, lebih puassss....
Buat yang bukan orang Solo, mungkin asing dengan makanan yang berasal dari daun ubi ini.. sederhana banget bahannya, gampang bikinnya, tapi percaya deh, rasanya gak sesederhana bikinnya kok... pedesss... asem... manis... kres-kressss... maknyossss.... Dan ini adalah salah satu makanan favorit di dapur saya, dan termasuk dalam kategori makanan langka... hehehe.. baru bikin kalo dapet "lemparan" daun ubi dari Mbokde.. atau kalo kebetulan nemu daun ubi di pasar... Sepintas penampakannya seperti pecel.. tapi ini sayurannya one man show.. alias cuma sendiri aja.. si daun ubi gak ada temennya... hahahaha.... Trus bumbunya seperti bumbu rujak, tapi dipakein bawang merah yang udah dibakar duluan. Dan yang gak boleh ketinggalan, makannya ditemenin sama tempe gembus (as I posted before..).. pakemnya sih tempe gembus yang dibacem.. tapi kali ini saya bikinnya digoreng tepung aja..

Daripada penasaran, mending langsung ngopy resepnya aja ya...

BRAMBANG ASEM by Bundanisa

Bahan:
Daun ubi jalar, siangi, rebus (jangan sampe kelembekan ya.. sensari kriuk-kriuk batangnya jadi gak ada, kurang asikkkk...)
2 siung bawang merah, bakar dengan kulitnya, kalo udah dikupas lho yaaa...
1/2 sdt terasi mateng (udah dibakar atau dogoreng dulu)
5 buah cabe rawit merah (jenis dan jumlah cabe disesuaikan dengan kemampuan mulut dan perut masing-masing ya... hehehe..)
1/2 sdt garam
2 mata asem jawa
200 gram gula merah
3 sdm air putih matang

Pelengkap:
Tempe gembus*) goreng/bacem dan kerupuk beras/karak

Cara Membuat:
Haluskan bawang merah bakar, cabe rawit, terasi, garam sampai halus
masukkan gula merah yang sudah disisir, dan asam jawa, teruskan mengulek sampai tercampur
tambahkan air sedikit demi sedikit sampai kekentalan yang dikehendaki

Penyajian: Siram daun ubi rebus dengan bumbu, sajikan dengan pelengkap.

Jadi bagaimana nih??? tertarik buat nyoba??? Yuuukkkk.....

Tidak ada komentar: