Jumat, 03 April 2009

Bubur Ayam ala Bundanisa


Akhir pekan, pagi-pagi udah ada rekues dari si eneng, minta sarapan bubur ayam.. waahhh... menarik juga tuh kayanya.. daripada beli, mendingan bikin sendiri kan.. bisa nambah sampe puas gak perlu bayar. Karena belum pernah bikin, akhirnya lagi-lagi buku sakti "Warisan Kuliner Nusantara" jadi penyelamat... nyontek abis resep bubur ayam dari situ... dan inilah hasilnya.. bubur ayam minus cakwe. Kata Nisa enak.. kata ayah, masih ada yang kurang pas.. kata saya, oke beibeh.. next time better deh.. yang sekarang makan dulu aja yaaa..... hehehe....

Kalo mau dianalisis, ada benarnya komentar si Ayah... rasanya emang belum pas sebagaimana bubur ayam yang di deket kantor saya ataupun yang mangkal di pengkolan komplek... kalo kata saya sih, mungkin.. mungkin nih yaa... di kuahnya itu rasa kunyitnya memang agak tajam, kali karena kunyitnya gak dibakar dulu.. trus juga.. nah, ini yang agak fatal.. kedelenya gosong.. jadinya pahit!!! trus lagi gak ada sambelnya... trus apalagi ya??? Belum se-perfek tukang bubur sih.. tapi not bad lah... lha wong siang aja udah ludes kok buburnya...

Ini lho buku favorit saya.. teman setia di dapur....


Dan ini dia resepnya...

Bahan:
Bubur:
100 gram beras --> saya: 1 cup beras
1500ml air --> saya: gak diukur, pokoknya keliatan banyaakkk.. aja.. hehehe
1 1/4 sdt garam
2 lembar daun salam

Kuah:
2 buah paha ayam --> saya: dada, paha bawah plus paha atas
2 sdt garam
1 sdt kaldu ayam bubuk
1700ml air --> saya: gak diukur, tapi kayanya gak sampe segitu deh, paling-paling 500ml
1/2 sdt kecap manis
2 sdm minyak untuk menumis
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah --> saya: 5 butir
4 butir bawang putih
1/2 sdt pala bubuk; 1/2 sdt merica bubuk
3 butir kemiri sangrai
1 cm kunyit dibakar --> saya: tidak dibakar
1 sdt ketumbar

Bahan pelengkap:
30 g ram kedele goreng
1 buah cakwe goreng, potong-potong---> saya: gak pake
1 sdm seledri cincang
1 sdm bawang goreng
100 gram kerupuk kanji

Tidak ada komentar: