Rabu, 03 Desember 2008

Tempe Gembus



Mungkin ini makanan yang agak-agak tidak lazim di beberapa daerah.. tapi di daerah asal saya, makanan yang satu ini cukup populer lho... Di tukang-tukang gorengan hampir semuanya menjual tempe gembus ini. Di daerah lain ada juga yang nyebut "menjes" (kalo gak salah lho.. kalo salah ya maaphhh...). Bahan bakunya dari kedele juga.. sebenernya ini merupakan by product dari pabrik tahu (setau saya.. based on my experince when i was a child). Kata orang sih udah gak ada gizinya.. tapiiii gimana yaaaa.... kadang sering ngerasa kangen, je... Dan kebetulan juga, di daerah tempat tinggal saya sekarang ini saya lumayan sering nemu tempe gembus di pasar. Ya sud lah... akhirnya jauh-jauh merantau ke ibukota, makannya tempe gembus juga... hahaha.... Dan jangan salah lho, Nisa aja suka banget makan tempe gembus yang diiris tipis trus ditepungin pake tepung beras dan digoreng kering.. di makan panas-panas. Kalo emak dan bapaknya biasanya memasangkan tempe gembus goreng ini dengan cabe rawit.. itu kalo digadoin.. kalo pengen pake nasi jugabisa kok, tinggal nyambel bawang mentah, trus makan deh pake nasi anget dan tempe gembus ini. Ditambah lalapan makin okeh surokeh...

Oh, ya.. biasanya, kalo di kampung saya, tempe gembus ini dibacem, trus pasangannya sama brambang asem. Brambang asem itu... kaya pecel gitu tapi sayurannya cuma daun ubi yang direbus.. trus bumbunya kaya bumbu rujak buah, tapi ditambahin bawang merah yang dibakar dulu sebelum diulek. Bisa ngebayangin gak? Ntar deh kalo saya pas ke pasar dan ada yang jual daun ubi, saya bikinin Brambang Asem plus tempe gembus bacem... Sekarang tempe gembusnya dulu aja yaaaa.....

Tidak ada komentar: