Rabu, 31 Desember 2008

Cabuk rambak


Hayooo... ada yang pernah makan makanan ini nggak??? Buat yang pernah dan masih tinggal di Solo, pasti gak asing lagi dengan cabuk rambak ini.. Biasanya dijual oleh mbok-mbok, digendong keliling kampung... Saya kenal makanan ini dari sejak jaman SD, karena ada mbok penjual yang mangkal di depan pager sekolah.. Penampakannya persis seperti di foto atas itu... Irisan tipis ketupat, ditata di pincuk daun pisang, diguyur dengan bumbu wijen, dan makannya ditemani dengan karak beras. Cara makannya ditusuk pake biting/lidi.. Hmmm... what a nice memory...

Sekarang ini penjual cabuk rambak udah agak jarang ditemuin di Solo.. gak tau emang tinggal dikit atau saya yang kurang menjelajah.. hehehe... Yang jelas, setiap pulang ke SOlo, saya selalu menyempatkan untuk membeli sebungkus dua bungkus cabuk rambak ini di mbok-mbok yang mangkal di sebelah timur perempatan ketandan.. sebungkus cukup Rp. 1.500 saja.. gak bikin kenyang memang, tapi cukuplah buat menghadirkan kembali sensasi masa kecil...

Foto di atas diambil sekitar sebulan lalu, di rumah saya.. Lho kok?? Emang di Jakarta ada yang jual?? Enggak lahh... demi sepincuk cabuk rambak, saya nitip beliin bumbunya yang masih keringan gitu, ntar di rumah tinggal beli ketupatnya dan bumbunya diencerin pake air mateng.. And lucky me, sekarang di deket rumah (gak deket banget sih.. di serpong, maksudnya..) ada yangjualan karak persis kaya di solo.. Jadi deh cabuk rambaknya bener-bener seperti aslinya. Apalagi makannya beralaskan daun pisang aliss pincuk.. hmmm

Tidak ada komentar: