Rabu, 03 Desember 2008

Rujak Serut

Pertama kali menetap di Jakarta, saya dibuat bingung dengan urusan per-rujak-an ini.. Bagaimana tidak, coba.. Pas ketemu tukang rujak, segera saya memesan seporsi rujak. Ehhh... ternyata yang dateng ke saya adalah sepiring buah campur (yang biasa untuk rujakan), dan semangkuk kecil bumbu gula merah yang didalemnya pake kacang tanah uleg. Ternyata, yang namanya rujak, di Jakarta, ya seperti ini... Yaaa... ini mah namanya lotis... FYI, di kampung saya, ada perbedaan terminologi antara rujak dan lotis.. Kalo nyebut rujak, pastilah yang dateng sepiring buah-buahan rujakan yang diserut, dan sudah dicampur dengan sambelnya, yang diuleg mendadak di lemper/cobek batu.. tingkat kepedesannya bisa diorder.. Nah, kalo lotis, buahnya sama, tapi dipotong-potong aja, gakdiserut, trus disajikan terpisah dengan sambelnya. Begitjuuu....

Wahh.. ternyata untuk urusan rujak aja bisa ribet gini yak... dan malangnya, saya jarang menjumpai tukang rujak serut di Jakarta.. adanya rujak (lotis) aja... huhuhuhu... Jadi ya mau tidak mau kalo pengen makan rujak mesti nyerut sendiri lahh... biasanya bikinnya agak banyakan, trus masukin kulkas.. di makan dingin-dingin hmmm... mana bisa nolakkk....

Tidak ada komentar: