Selasa, 13 Januari 2009

Semar Mendem

Kenapa ya makanan ini dinamakan semar mendem??? Jangan tanya saya.. hehehe... karena saya juga gak tau.. bikin juga baru sekarang.. males bikin kulitnya itu lho.. mesti ngedadar satu-satu... Tapi berhubung ada rikues dari "ibu ketua PKK" di kantor, untuk menyediakan snack buat acara temu pamit karyawan yang mutasi dan promosi, jadilah saya semalem berkutat dengan telur dan ketan, dan sim salabim... jadilah arem-arem mini ini... Pssttt... sebenernya ini bukan arem-arem sebagaimana yang sering saya makan dulu waktu saya kecil di Solo.. Kalo dulu nih, yang namanya arem-arem ini pasti pake areh santan atau apalah namanya, seperti saus gitu lah, manis rasanya.. dituangkan di atas "lemper bungkus dadar" ini.. Tapi kali ini (dan baru sekali-kalinya ini), saya bikin tanpa areh.. ribet makannya, wong mau buat snack yang ditaruh di nampan gitu.. kalo pake areh, gimana cara makannya, coba???

Dan gak tanggung-tanggung, Jeng Lita, sebagai koordinator bidang makanan.. (hahaha... sepertinya jabatan itu akan selalu melekat pada dirimu selama masih berada di kantor kita tercinta ini ya Ta?...) menginstruksikan untuk membuat paling tidak dua kali jumlah karyawan (mengingat bentuknya yang cuma sejempol-jempol).. Uppsss... 200 biji donggg??? Pertamanya sih langsung bilang oke.. tapi sesudahnya pusing tujuh keliling... hehehe... abisnya katanya jenis snaknya terserah, yang penting asin.. Nah, soal asin ini juga ada cerita.. awalnya saya milih buat nyediain snack yang manis aja, secara lebih banyak pilihannya gitu lho.. sementara Jeng Dayah, kebagian bikin yang asinnya.. Ternyata last minute, beliau sms, katanya tukeran ajah, soalnya beliau ini sedang tidak ada asisten (secara bikin snack asin kan lebih ribet ya bow....). Ya sudah lah.. sekalian buat nambahin pengalaman si tukang kueh wannabe ini... hehehe

Sempet bikin sampel dulu 1 resep (pake resep dari buku Kumpulan Resepnya Sedap Pemula).. tes rasa dan bentuk.. oke deh, bisa diteruskan.. Pada hari Hnya, saya harus membuat 5x resep... huaaaaa.... capekkkk... ngebungkusin atu-atu, trus mitainnya juga atu-atu... lewat midnight baru kelar (belakangan ini kami, si charlie angel's sering berperan jadi cinderella... showtimenya baru berakhir jam 12 malem... hehehehe... bukan pesta lho ya, tapi bikin kueh...)

Seneng deh akhirnya semuanya kelar dan bisa memenuhi permintaan sebesar ini dengan baik... Jeng Litaaaa..... sepertinya setelah acara tadi pagi, kita bakalan putus hubungan dengan Peneleh yaaa.....

Note: Resep menyusul, tukang kuehnya teler.....

2 komentar:

nene mengatakan...

wa...ini neni juga kebagian lho....
*enaknya jadi anak kos di tempat ibu kos yang suka bikin kue...hehehe...*

ambar ariseno mengatakan...

Hehehehe... tapi lebih sering gak kebagian ya Nen? Yang tak bagi-bagi itu versi testernya, Nen... mabok aku bikin 200 semarmendem dalam semalem...