Rabu, 21 Januari 2009

A Bowl of Bakmi Jawa


Seminggu kemaren, Nisa sakit.. jadi makannya dari kaldu ke kaldu terus deh tiap hari... Biar gak bosen, akhirnya kaldunya dipake buat kuah bakmi jawa aja. Ngomong-ngomong soal bakmi jawa nih.. makanan ini sudah saya kenal sejak duluuuuuu.... waktu saya masih kecil di Solo sana. Tapi kami nyebutnya bakmi doang.. tanpa embel-embel "Jawa".. hehehe... Banyak banget warung bakmi yang menyajikan menu ini.. belum lagi pedagang keliling... hmmm... rasanya kami bener-bener terpuaskan deh... Biasanya kalo pedagang keliling, hanya menyediakan bami godog (rebus) dan bakmi goreng saja.. Nah, kalo di warung atau rumah makan, biasanya pilihan menunya lebih komplit.. ada capcay, nasi goreng, bestik (kadang-kadang), selain dua menu utama di atas.. tinggal pilih mau yang mana. Sampe sekarang, ada satu warung bakmi yang menjadi favorit kami (saya dan suami.. nisa mah ngikut ajah..), yaitu Bakmi Pak Dul di daerah Kampung Baru. Bukanya sore sampe malem.. tempatnya sih warung tenda gitu... tapi jangan salah, yang ngantri seperti ular naga panjangnya bukan kepalang.. hehehe.. gak ding, terlalu hiperbolis, kalee... ya pokoknya banyak lah yang ngantri.. sampe kadang-kadang kita gak dapet duduk dan mesti nungguin orang-orang selesai makan. Karena saking banyaknya warung bakmi di Solo, jadi masing-masing orang punya tempat favorit.. banyak yang bilang di tempat lain lebih enak, lebih murah...tapi boleh dong, kalo kami tetep memilih warung bakminya Pak Dul sebagai tempat makan bakmi favorit kami...

Setelah saya menetap di Semarang tahun 97, baru saya tau ada makanan namanya "Bakmi Jawa".. saya pikir ini another kind of bakmi... ternyata sami mawon alias sama aja dengan bakmi yang sering saya makan di Solo.. gak tau deh tuh asal muasalnya menggunakan embel-embel "jawa" di belakang bakmi. Hmmm... mungkin untuk memberikan identitas kali ya kalo asal bakmi yang model begini ini dari tanah jawa... soalnya kan ada juga Mie Aceh yang asalnya dari aceh sono, trus Mie Bandung, trus Cwi Mie Malang, trus mie apalagi ya... wekekekeke... analisis yang aneh.... Dan ternyata nama bakmi jawa ini sampe ke Jakarta juga.. gak banyak sih warung bakmi jawa yang saya temui (dan saya tau) di Jakarta, yang paling saya tau ya daerah deket tempat tinggal saya, ada sedikitnya 3 warung bakmi jawa, tapi baru 2 yang pernah saya kunjungi.. rasanya kalo menurut saya yaaa... so so lahhh.... gak istimewa banget, tapi cukup buat tombo kangen.

Uppsss... kok malah jadi membahas asal usul dan warung bakmi jawa sih... trus ceritanya bakmi jawanya bundanisa gimana nih??? Hehehehe.... Jadi gini, karena punya kaldu pulus ayam rebus, akhirnya disulap aja jadi bakmi (jawa) godog. Karena Nisa lagi males makanIsinya minimalis banget, soalnya lagi gak punya persediaan sayur di kulkas. Jadilah isinya cuma bakmi, telur, ayam suwir, dan daun bawang aja.. padahal seharusnya ada sawi ijo, kol dan tomat juga lho.. ah, sutralah... Yuk mariiii.....

BAKMI JAWA bY bUNdaNIsA
Bahan:
100 gram mie telur, rebus, tiriskan
2 butir telur
1 liter kaldu ayam
1/4 ekor ayam kampung rebus, suwir-suwir
2 batang sawi hijau, potong-potong
2 lembar kol, iris
1 butir tomat, belah 2, potong-potong
3 siung bawang putih, uleg/cincang
1/2 sdt merica bubuk
garam dan gula sesuai selera
1 batang daun bawang, potong-potong
1 sdm margarin

Cara Membuat:
Cairkan margarin, tumis bawang putih sampai harum
Masukkan ayam suwir
Tuang air kaldu
Masukkan telur, aduk-aduk sampai berserabut
Masukkan garam, gula, merica
Masukkan sayuran
Masukkan mie telur
Tunggu sampai mendidih sambil sesekali diaduk
Matikan api, sajikan panas di mangkok dengan dilengkapi bawang goreng

Ayooo.... yang pengen... yang pengennnnn......
mumpung lagi banyak hujan, dingin, menyantap semangkuk bakmi jawa rebus will be a great idea...

2 komentar:

Anonim mengatakan...

dulu bakmi pak dul memang juara, tapi sekarang rasanya sudah berubah dan tidak seenak dulu. rekomendasi saya sich bakmi citro di daerah tipes. hanya saja masaknya lama banget karena masaknya satu wajan satu satu porsi. rasanya enak banget bisa ditandingkan dengan bakmi kadin di jogja, gurih tapi tidak eneg, bumbunyapun seimbang...

ambar ariseno mengatakan...

wahh boleh juga tuh ntar kalo ke solo nyobain bakmi citro... thanks ya infonya...