Senin, 17 November 2008

Sate Lilit

Kayanya buku di bawah ini bakalan jadi most popular book di dapur saya deh... soalnya sejak saya beli tanggal 10 Nopember 2008, saya sudah mencoba 4 resep dan semuanya sold out alias laris manis tanjung kimpullll... hehehe.... Ini resep ke tiga setelah Bakmi Ketoprak dan Rujak Cingur...

Rikues khusus dari Nisa pas saya tanya dia.. "mau cooking class apa kita?". Sate Lilit.. katanya sambil nunjukin halaman 16 buku di atas.. ternyata dia sudah ngintip juga bukunya, udah ditandain, lagi.. hehehe... Oke deh Non, kita bikin yuukkk... mumpung ada ikan tengiri di kulkas, trus ngeracik bumbu, ditumis, campurin kelapa, dililitkan di sebatang serai... trus dibakar... jadi dehhhh....

Eh, itu ada yang bulet 3 biji, gara-gara kehabisan serai.. makanya dibikin perkedel aja.. penyelesaiannya tetep dibakar kok.. untuk rasa, don't worry deh... uenakkk.... Oh, ya.. saya ngebakarnya pake wajan teflon yang kotak, yang dasarnya ada garis-garisnya itu.. (aduhhh.. apa sih namanya...). Mungkin kalo ngebakarnya pake bara alias arang lebih maknyus lagi kali ya rasanya....

Ini dia resepnyaaaa.... Monggoooo....

SatE LIliT

Bahan:
300 gram daging ikan kakap giling (saya pake ikan tengiri, dikeruk-keruk pake sendok)
200 gram udang giling (gak pake, diganti tengiri semuahhh)
100 gram kelapa parut
3 buah cabe rawit hijau, dicincang halus (saya gak pake, soalnya konsumennya Nisa)
2 lembar daun salam, 3 buah daun jeruk, dibuang tulangnya, diiris
1 batang serai, diambil putihnya, memarkan
1/2 sdt asam jawa
2 sdt garam
1/2 sdt merica hitam, tumbuk kasar (saya pake merica putih biasa)
1/2 sdt gula merah sisir2 sdm minyak buat numisBatang serai untuk tusukannya
Bumbu halus:
3 buah cabe merah besar, buang bijinya
3 siung bawang putih
8 butir bawang merah
1 cm kunyit dibakar
1 buah tomat, buang bijinya
1 cm jahe
3 butir kemiri, sangrai
1/2 sdt terasi bakar

Cara Membuat:
Panaskan minyak, tumis bumbu halus, dan daun-daunan serta asam sampai harum, sisihkan
Aduk semua bahan dengan bumbu tumis sampai tercampur rata. Ambil sedikit adonan, rekatkan pada batang serai, bentuk seperti pentul
Bakar dengan bara api sampai matang (saya pake teflon ajahhhh...)

Happy Cooking yaaaa......

Tidak ada komentar: