Selasa, 04 November 2008

Assorted Pizza

Berawal dari beli buku ini nih...

Trus, buka deh halaman ini... ketemu resep mini Pizza...

Hmmm... kayanya menarik nih buat dicoba... Apalagi Nisa udah rikues sejak jauh-jauh hari.. Oke deh, hari Minggu kemaren siang-siang bertarung menaklukkan adonan kulit pizza. Fyuhhh... kerja keras, euy.. secara punyanya cuma mikser cucina, gak mungkin lah dianiaya untuk bikin adonan pizza.. akhirnya dipakelah "mikser" pemberian Tuhan... hahaha... setelah kurang lebih setengah jam berjuang melawan tepung dan margarin, akhirnya, inilah jadinya...

Pizza nanonano, isinya nanas, smoked beef dan keju mozarella

Pengen nyobain topping manis, jadilah Blueberry Pizza ini...

Karena di rumah ada yang gak makan daging, dibuat varian lain deh, Cheese Only Pizza...




Yang terakhir, nanasnya udah abis (dimakan.. hehehe), akhirnya terciptalah Beef n Cheese Pizza ini...

Monggo, inilah RESEPnya... Adonan kulitnya persis seperti buku, tapi toppingnya saya modifikasi sendiri...

Assorted PIZZA bY BuNDanIsA

Bahan Kulit:
300 gram tepung terigu protein tinggi (cakra kembar)
1
sdt ragi instan
20 gram gula pasir
200ml air dingin
35 gram mentega putih (saya: margarin biasa)
1/2sdt garam (saya gak pake karena margarinnya udah asin)

Topping (terserah aja, sesuai selera):
Keju mozarella, cincang/parut (jumlahnya sesuai dengan kebutuhan, kalo bener-bener cheese lover ya boleh banyak-banyak..)
Smoked beef, potong korek api
Saus pizza siap pake (saya pake saus spaghetti delmonte dicampur dengan saus tomat biasa dengan perbandingan 1:1)
Tambahan saya:
Selai blueberry, nanas yang dipotong kotak kecil-kecil

Cara Membuat:
Campur tepung terigu, ragi dan gula pasir dalam baskom
Masukkan air sedikit-sedikit sambil diuleni sampai tercampur
Masukkan mentega (margarin) dan garam, uleni sampai kalis (kalo pake mikser yang canggih, biarkan mikser yang bekerja..kalo gak punya -kaya saya- terpaksa tangan kita yang kerja keras.. hehehe)
Diamkan adonan selama 30 menit (kurang lebih) sambil ditutup serbet basah
Kempiskan adonan, timbang masing-masing 5 gram (apa???? 5 gram??? bisa encok nih pinggang... tenanggg.... ini bukan harga mati kok... saya aja gak nimbang tuh, pokoknya adonan dibagi 2, trus masing-masing dibagi 2 lagi.. gitu seterusnya sampe dapet besaran sesuai dengan keinginan.. saya jadi 16 buletan doang..)
Bulatkan adonan, diamkan 10 menit lagi
Pipihkan adonan (saya gilas pake rolling pin yang dioles margarin, kira2 sampai diameter 10-15 cm), tusuk-tusuk dengan garpu
Olesi dengan saus, taburi dengan topping
Oven selama15 menit dengan suhu 200 derajat

Tidak ada komentar: