Selasa, 11 November 2008

Bakmi (Ke)thoprak

Hmmm... ini nih makanan langka yang belum pernah saya temuin penjualnya di jakarta.. Duluuuu... pertama kali dateng di Jakarta, ada temen yang ngajakin beli ketoprak, saya ayo aja.. dalam bayangan saya, saya akan makan sesuatu yang berkuah, gurih, isinya komplit dan tentu saja pedasss... Tapi apa yang terjadi?? Yang saya temukan adalah sepiring makanan yang penampilannya jauh kemana-mana dengan yang saya bayangkan... hehehe... itulah pertama kalinya saya berkenalan dengan another ketoprak, selain yang sudah saya akrabi sejak saya kecil... hayyahhh....

Dan sampai sekarang, kalo pengen makan makanan yang satu ini, no other choice.. harus bikin sendiri!!! Setelah beberapa awktu menu ini absen dari dapur saya, hari Sabtu kemaren, sesuai dengan rikues komandan yang (selalu) minta makanan yang "ringan" saja untuk weekend... akhirnya jadilah sepanci sedang kuah kaldu sapi yang gurih...rih..rih... dengan sepiring besar perlengkapannya: bihun, kol, tauge, tahu tempe goreng, kacang tanah goreng, dan tidak lupa dagingnya dongggg....

Kalo dari segi rasa, bakmi ketoprak ini (mungkin) hampir sama dengan soto mie kali ya... tapi kayanya kalo yang ini rasanya lebih ringan, karena bumbu kuahnya "cuma" bawang dan lada doang (pake garem dong...), kaya kuah bakso gitu lah... Yang belum bisa ngebayangin, mending langsung bikin aja deh... ditanggung rasanya juara... Resepnya ini nihhhhh.....

BakMI KeTOprAk

Bahan:
Kuah:

400 gram daging sandung lamur, potong kotak
4 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm garam, 1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1500 ml air
1 sdm minyak untuk menumis

Perlengkapan:
100 gram bihun, rebus sampai empuk, tiriskan
4 lembar kol, diiris halus
100 gram tauge, seduh air panas, tiriskan
200 gram tahu, potong-potong, goreng
200 gram tempe, potong-potong, goreng
100 gram kacang tanah goreng
Bawang merah goreng dan seledri iris untuk taburan

Cara Membuat:
Kuah:
Rebus daging sampai empuk
Tumis bawang putih cincang sampai harum, tuangkan ke air rebusan daging
Tambahkan garam, lada, dan gula pasir, koreksi rasanya

Penyajian:
Dalam mangkok saji, tata bihun, irisan kol, tauge, tahu+tempe dan kacang tanah
Taburi dengan bawang goreng dan seledri
Tuangi dengan kuah panas
Sajikan dengan sambal cabe rebus...

Any comment???...

Tidak ada komentar: