Rabu, 15 Juli 2009

Risol isi Ragout

Alhamdulillahhh.... setelah seharian kemaren dikomporin sama temen-temen, gerah juga akhirnya... dan efeknya baking blue nya mulai berangsur-angsur sembuh... hehehehe... terbukti sorenya langsung pengen bikin risoles... buat snack di kantor hari ini sih.. soalnya sejak saya terserang baking blue akut, orang-orang di ruangan tiap hari makannya roti tawar mulu.. udah mulai bosen kayanya, buktinya kemaren beli roti tawar masih sisa banyak banget... tukang kueh langsung nyala radarnya nih.. hehehe...

Dari awal memang pengen bikin risoles yang bukan amris.. hayyahh.. bahasanya mumet.. maksudnya yang isi ragout gitu... mumpung di kulkas punya wortel, buncis, seledri sama ayam fillet... hmmm... lanjoottttt....
Resepnya ngambil dari buku snack box, dimodifikasi dikiiitttt sama bundanisa.... Sumonggoooo......

RISOLES ISI RAGOUT AYAM

Kulit:
500 gram tepung terigu
100 gram susu bubuk
1 liter air ==> saya: tambah 200ml lagi
1/2 sdt garam
6 kuning telur ==> saya: 3 butir telur utuh
100 gram mentega/margarin, cairkan

Cara Membuat:
Campur terigu, susu bubuk dan garam, tambahkan telur, aduk dengan balon whisk sambil dituangi air sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan yang licin ==> saya: setelah tercampur semua, disaring
Tambahkan mentega/margarin cair, aduk rata, diamkan adonan kurleb 30 menit
Panaskan dadar anti lengket bergaris tengah 16/18cm (saya: 20cm), olesi margarin/minyak sedikit (saya: tidak dioles). Buat dadar tipis. Angkat, pindahkan di atas piring ceper/nampan. Lakukan sampai adonan habis
*note: di resep aslinya untuk 50 lembar kulit, saya cuma jadi 40an

Isian:
50 gram bawang putih
75 gram bawang merah
200gram tepung terigu, larutkan dalam 500ml air
500ml kaldu
50 gram susu bubuk
1 ekor ayam kampung ==> saya: 2 buah dada tanpa kulit dan tulang, rebus, potong kotak kecil
250 gram wortel, potong kotak kecil
250 gram buncis, potong serasi dengan wortel (ini bahan tambahan saya, di resep aslinya gak ada)
3 batang seledri
2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
2 sdm gula pasir
garam secukupnya

Cara membuat:
Bawang merah dan bawang putih dihaluskan, kemudian ditumis dengan 3 sdm minyak.
Masukkan ayam rebus dan wortel serta buncis, aduk rata
Tambahkan bumbu-bumbu, tuangkan kaldu, aduk dan masak hingga mendidih
Masukkan larutan tepung, masak hingga meletup-letup dan kental
Matikan api.

Bahan pencelup:
putih telur
tepung panir

Penyajian:
Ambil selembar dadar, beri 1 sdm ragout, lipat dan gulung. Celupkan ke dalam putih telur kocok, angkat, gulingkan ke tepung roti, lakukan sampai habis
Masukkan risoles dalam wadah tertutup, simpan dalam lemari es/freezer kurang lebih 1 jam
Panaskan minyak banyak dengan api sedang, goreng risoles sampai kuning kecoklatan
Sajikan dengan cabe rawit... hmmm... yummyyyy....

1 komentar:

Bundarisoles mengatakan...

Terima kasih Bundanisa resepnya ... ada resp risol yang lain Bunda ?