Rabu, 15 Juli 2009

Kroket Kentang

Seperti janji saya dulu... hohohoho... kalo waktu saya agak longgar, saya akan posting resep makanan yang sudah pernah tayang di dapurbundanisa (soalnya belakangan seringnya cuma numpang nampangin foto doang.. tanpa resep... hehehe). Nah, sekarang giliran kroket kentang yang kita "bedah" ya... biar gak pada penasaran.. deuhhhh... emangnya ada??? kita mulai aja yuk nyalin resepnya... Oh ya, saya pake resep dari buku Snack Box andalan...

KROKET KENTANG

Adonan Kentang:
2kg kentang, kupas bersih, iris setebal 1 cm, goreng hingga kuning kecoklatan
50 gram susu bubuk
2 kuning telur, kocok sebentar
1/2 sdt merica bubuk
garam secukupnya

Isi:
750 gram daging giling ==> saya: diganti daging ayam cincang
3 sdm minyak goreng untuk menumis
6 siung bawang putih
10 butir bawang merah
1 sdt merica bulat
250 gram wortel, iris dadu kecil
100 gram buncis, iris halus
2 sdm kecap manis
garam dan gula pasir secukupnya
2 batang seledri, iris halus
2 sdm tepung terigu, larutkan dalam sedikit air
200 ml kaldu ayam
saya: 2 batang daun bawang, iris halus
Untuk melumuri: 3 butir telur, kocok lepas & tepung roti halus

Cara Membuat:
Isi: tumis bawang merah+putih+merica bulat yang sudah dihaluskan hingga harum
Masukkan daging cincang, aduk hingga daging berubah warna.
Masukkan wortel, buncis, garam, gula dan kecap manis, aduk-aduk rata
Tambahkan kaldu, biarkan mendidih
Masukkan larutan tepung terigu, biarkan matang dan mengental, angkat

Adonan Kentang:
Panas-panas, haluskan kentang goreng
Campur dengan susu bubuk, garam, merica dan kuning telur, aduk hingga semua bahan tercampur rata

Ambil kurang lebih 2 sdm adonan kentang, pipihkan, beri kurang lebih 1 sdm adonan isi, bentuk bulat/elips. Pastikan isi berada di tengah. Lakukan sampai habis.
Masing-masing adonan kroket dilapisi dengan telur dan tepung panir, simpang di freezer kurang lebih 1 jam
Panaskan minyak goreng, goreng kroket sampai kuning kecoklatan. Tiriskan.

Tidak ada komentar: