Senin, 11 Agustus 2008

Nyabhu Yuukkk...

Eitts... jangan mikir macem-macem dulu ya... ini gak ada hubungan sama sekali dengan shabu-shabu yang bisa bikin orang sakaw lho... Sebenernya ini cuma sejenis sup bening biasa.. pertama kenal sama sup ini pas makan di salah satu resto jepang.. Rasanya ringan, cucok buat saya dan suami yang suka males makan nasi dan kawan-kawannya malem hari. Pas di resto jepang itu, sup seperti ini namanya Shabu-shabu.. saya mah ngikut aja deh.. sup ini saya namain shabu-shabu juga.. meskipun isinya gak sama persis dengan yang saya makan di restoran. Sup ini bisa juga dinamakan "Sayur Cuci Gudang".. hahaha.. abis isinya tuh tergantung yang ada di kulkas aja.. pokoknya "marilah kemari wahai sayuran dan daging plus segala penghuni lautan yang ada di kulkas... masuklah kalian semua ke panciku..." :)

Cara bikinnya gampang banget.. Didihkan air, masukkan bakso (sapi/ikan), sosis yang dipotong-potong, udang, cumi, fillet ikan, fillet ayam (tuh kan saya bilang juga apa.. pokoknya segala isi kulkas keluarin semua dehhhh...), biarkan mendidih. Terusss... masukkan 1 butir bawang bombay yang sudah dipotong melintang, tambahkan garam, kecap ikan, kecap asin, kaldu ayam bubuk (kalo mau, boleh dihilangkan). Abis itu giliran sayuran masukin ke panci (sawi putih, hijau, kangkung, daun bawang). Aduk lagiii.... terakhir masukin tahu sutra yang udah dipotong melintang. Udah, tungguin bentar, mateng deh.. (kalo tahu udah masuk, jangan keseringan diaduk ntar tahunya hancur).

Penyajiannya: di mangkok, tarus cabe rawit iris, trus bawang putih cincang yang sudah digoreng (kira-kira 1/2 sdt), trus dituangin deh tuh sama si shabu-shabu ini panas-panas.. ditanggung keringetan deh... hehehe...

1 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!