Senin, 23 Juni 2008

ZUPPA SOUP


Liat-liat resep di NCC, dapetlah Zuppa Soup ini, tapi isi dan cara buat soupnya udah saya acak2 sesuai dengan persediaan yang ada di kulkas...



SOUP:
1,5 sdm margarin
2,5 sdm terigu
1/2 buah bawang bombay ukuran sedang
1 buah bawang putih digeprek
1 buah jagung manis, pipil, rebus sebentar
1 buah sosis/smoked beef, potong kotak2 kecil (pake ayam rebusan kaldu yang diporong2 kotak kecil juga boleh) ==> saya pake sosis
6 butir jamur champignon segar ukuran besar, iris2 (pake jamur kaleng juga boleh)===> saya kemaren gak pake, lupa beli.
1 liter (kurleb) air kaldu ayam
gula, garam, lada bubuk
Cara Membuat:
Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
Masukkan terigu, aduk2 sampai berbutir
Masukkan air kaldu dikit2 sambil diaduk biar tidak bergerindil, lakukan sampai air habis
Masukkan jamur, jagung, sosis, aduk
Masukkan garam, lada, gula pasir, aduk sampai mendidih
Koreksi rasanya, kalo udah pas, matikan api, angkat. Jadi deh soupnya...sekarang bikin penutupnya..
Tuang soup ke dalam mangkok tahan panas.
Potong kulit pastry seukuran tutup mangkok besaran dikit
Oles kuning telur di atas kulit pastry
Panggang kurleb 15-20 menit dengan api besar (liatin ovennya ya, gak mesti waktunya segitu) sampai pastry mengembang dan kulit kuning keemasan.
Angkat, sajikan..asli enak banget...

9 komentar:

nita mengatakan...

mba, aku baru blogwalking ni, nemu web mba, menarik banget, aku langsung jatuh hati..

hehe.. pengantin baru soalna mba, jadinya lagi heboh kumpulin resep dan belajar memasak untuk membahagiakan suami ^^

yang mau aku tanyakan adalah, dimanakah membeli kulit pastry untuk zuppa soup itu yah? di solo ketoke kok gak ono sing dodhol ya mba?

mohon infonya guru ^^

hehe

*rumahku juga di solo mba, deket kottabarat ^^*

ambar ariseno mengatakan...

Halo Nita.. salam kenal ya... Waduh, makasih banget nih kalo nita "jatuh hati" dengan blogku.. deuhhh bahasane... hehehe
wah, aku ra ngerti, je, kalo di solo adanya di mana.. soalnya di jkt juga gak di semua tempat ada.. udah nyoba di pasar gede, yang toko bahan kue depan bakmi gajah mas itu? Kayanya itu yang paling gede ya...

rina mengatakan...

mbak, aku baru baca blogmu nih, waktu nyari resep zoupa soup. gara2 ketagihan zoupa soup di STEKPI. mau nanya yang di jakarta beli nya di mana tuh kulit pastry nya? trus kalo gak punya oven ada cara lain gak ya kira2?

maritza

Indah Kurniawaty mengatakan...

Mbak Ambar,
Ijin copy paste resep Mbak Ambar buat file kumpulan resep cemilan anakku, boleh?
Tapi nanti tetep dicantumin sumber nya kok.
Makasih

nene mengatakan...

ealah... googling nyari resep zuppa soup kok nyangsangnye ke blog ibu kos, hihihi...
sip bu, pengen praktek deh. tapi mo cari kulit pastri dulu. mudah2an di surabaya nemu deh..

Mama Aykel mengatakan...

Hai mba, aku lg pengen bikin zuppa soup gara2 nyoba zuppa soup di the valley bandung. rasanya creamy banget. kaldunya bisa di mix sm light cream spt elle and vire ga yah mba?pengen nyoba tp takut gagal, amatiran sih mba .. hehehehe.

mohon infonya yah mba ...

makasih ..

nur-johan mengatakan...

buat temen-temen yang nyari puff pastry (kulit pastry untuk zuppa soup) di jakarta ada yang jual, harganya 2000/lembar hubungi aja nur-johan pastry 081317180912 /(021)85352435. makasih

Wiwin Kusmiyanti mengatakan...

kulit pastry saat ini banyak di jual di supermarket kok .. coba cek bagian yg frozen2, aku biasa beli di hypermart merk stela...

widya mengatakan...

Di hypermart ato super indo ada say