Senin, 30 Juni 2008

Home Made Chicken Nugget


Gara-gara Nisa suka banget sama nugget, akhirnya maknyak terpaksa belajar bikin nih...kalo beli terus mahal boo....sekantung ukuran 500 gram harganya udah hampir 30rb, belum lagi penyedapnya yang aduhai... mending bikin sendiri deh, lebih sehat dan pastinya lebih murahhh. 30 ribu dibeliin daging ayam giling sama tepung panko udah dapet segambreng..


Biasanya saya pake 300 gram ayam giling, 1 butir telur, 2 sdm munjung tepung sagu, 1 sdm air es, trus 1 butir bawang bombay ukuran sedang, 2 butir bawang putih cincang halus, garam, lada.
Bahan Lapisan: 3 butir telur kocok lepas, tepung panir kasar (panko).


Campur semua bahan sampai rata, tuang ke dalam loyang kotak dengan ketebalan adonan kurang lebih 2 cm, kukus 30 menit, angkat, dinginkan. Potong-potong sesuai selera (kalo saya standar aja, potong panjang sebesar jari)
Gulingkan potongan nugget ke telur, trus panir, telur, panir, sisihkan.
Masukkan nugget yang sudah dilapisi panir ke dalam kulkas/freezer kurleb 1 jam biar lapisan menempel sempurna (saya biasanya langsung masuk freezer aja, ntar ngeluarinnya pas mau nggoreng).

Goreng dalam minyak panas sampai matang.


Note:
Gambar di atas itu nuggetnya siap masuk freezer, belum digoreng.
Kadang kalo bikinnya kebanyakan, sebagian gak dilapisin panir, biarin "telanjang" aja, ntar bisa dipake buat campuran sop (jadi kaya galantin, tapi ini bentuknya kotak-kotak).






1 komentar:

DiFa mengatakan...

bunda, daging ayam giling nya beli jadi atau mblender sendiri? pengen bikin juga...aku beli buku soal ini tp belum dipraktekin ampe sekarang...